VISI DAN MISI

884px-logo_uin_syarif_hidayatullah_jakarta

Visi

Visi Prodi Aqidah dan Filsafat Islam adalah: “Unggul dan terkemuka dalam bidang Kalam dan Filsafat Islam dengan mengintegrasikan keislaman, keilmuan dan keindonesiaan dalam mewujudkan masyarakat madani.”

Misi

Untuk mewujudkan visi di atas, maka Prodi Aqidah dan Filsafat Islam menetapkan misi sebagai berikut:
“Melaksanakan pengajaran, pendidikan, dan pengkajian bidang kalam dan filsafat Islam dalam keislaman, keilmuan dan keindonesiaan dengan cara meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian, meningkatkan kerjasama dengan lembaga intra dan ekstra universitas, serta meningkatkan pengabdian pada masyarakat”.

Tujuan

Berdasarkan visi dan misi di atas, maka tujuan yang ingin diwujudkan oleh Prodi Aqidah dan Filsafat Islam adalah:
“Membentuk sarjana agama yang menguasai dan mengembangkan kajian Kalam dan Filsafat Islam serta mampu memberikan solusi teologis dan filosofis terhadap persoalan-persoalan keislaman, keilmuan, dan keindonesiaan.”

Sasaran dan Strategi Pencapaiannya

Dalam upaya untuk mencapai visi, misi dan tujuan tersebut, maka ditetapkan serangkaian sasaran sebagai panduan, Sasaran yang ingin dicapai oleh Prodi Aqidah dan Filsafat Islam adalah:

A. Lulusan yang mempunyai kompetensi di bidang kalam dan filsafat Islam yang sesuai untuk berbagai bidang kerja terkait dengan kebutuhan pasar. dengan spesifikasi capaian:

  1. Lama masa studi yang dicapai mahasiswa maksimal 4,5 tahun;
  2. Indeks Prestasi Kumulatif lulusan minimal 3,00 dan meningkat 0,01 setiap tahunnya;
  3. Lulusan yang telah memiliki sertifikat minimal 3 macam pelatihan soft skill;
  4. Lulusan atau mahasiswa memiliki pengalaman melakukan penelitian, dan pengabdian masyarakat serta pernah bekerja (magang) di institusi/lembaga yang relevan dan mendukung peningkatan kompetensi.

B. Dihasilkannya karya ilmiah di bidang kalam dan filsafat Islam dengan spesifikasi capaian:

  1. Menerbitkan buku rata- rata 2 buku setiap tahun;
  2. Memiliki jurnal Prodi Aqidah dan Filsafat Islam yang terbit secara berkala dan memiliki reputasi di tingkat nasional;
  3. Memiliki kegiatan penelitian yang berkontribusi terhadap pengembangan keilmuan keislaman dan keindonesiaan;
  4. Menjadi pusat kajian ilmu kalam dan filsafat Islam di Indonesia.

C. Menjadi wadah pengembangan masyarakat melalui program-program pengabdian kepada masyarakat dengan spesifikasi capaian:

  1. Masyarakat mendapat pelatihan peningkatan kapasitas dan pengetahuan yang mendorong kepada pemberdayaan masyarakat.
  2. Masyarakat mudah untuk mengakses program pemberdayaan
    masyarakat melalui Prodi Aqidah dan Filsafat Islam.

D. Terbangunnya jaringan kerja antara Prodi Aqidah dan Filsafat Islam, lembaga pendidikan dengan pasar kerja.

  1. Meningkatkan jumlah kerjasama dengan instansi baik pemerintah daerah, nasional, lembaga swadaya masyarakat (LSM) lokal, nasional, dan internasional, maupun Organisasi nasional dan internasional sebanyak minimal 1lembaga setiap tahunnya.
  2. Mempersiapkan penciptaan jaringan kerjasama dengan alumni dalam rangka meningkatkan kerja sama Sebagai sarana menguatkan akses kerjasama dengan mitra diluar kampus.